Sekolah SD-ku dulu (1)


Akan aku deskripsikan suasana sekolah dasarku tempo dulu. Sekolahku dulu belum ada tembok pagar, pagar sekolah hanya berupa tanaman bunga bonsai (katanya) daun hijau tajam, buah berwarna kuning yang ditanam sedimikia rupa sehingga berfungsi sebagai pagar.

Ruang kelas ada 5 ruangan, 1 kantor, 2 WC guru, 1 sumur, 2 rumah jaga, 1 gudang. Karena tanah yang tidak rata jadi halaman sekolah kami ada dua dengan pohon Ancak besar, dua pohon di tengah halaman sekolah, dan satu lagi di depan WC guru. Tiap ruang kelas dilengkapi papan tulis berwarna hitam dengan kapur tulis sebagai alat tulis, sapu lidi yang di bawa siswa tiap awal tahun ajaran baru, foto pahlawan yang tergantung di dinding dan foto presiden Soeharto dan wakilnya Tri sutrisno tergantung di tembok ruang kelas bagian depan.

Jumlah kelas yang kurang, memaksa siswa kelas 1 dan siswa kelas 2 masuk bergiliran. Siswa kelas 1 selesai sekitar sekitar jam 9.30 Wita lalu kemudian kelas di pakai oleh kelas 2. Tiap kelas memiliki wali kelas sendiri sekaligus menjadi guru mata pelajarannya. Semua pelajaran di ajarkan oleh wali kelas kecuali pelajaran agama dan olah raga. 

Kepala Sekolah     Yakub
Wali kelas 1           Fatimah (Bu Guru Pat)
Wali kelas 2           Yuliana (Bu Guru Yul)
Wali kelas 3           Bq.Indriati (Bu Indri)
Wali kelas 4           Rohaini (Bu Guru Roh)
Wali kelas 5           Ismail (Pak Guru Ma'in)
Wali kelas 6           Mukiman (Pak Guru Mukiman, asli jawa dan satu-satunya ahli aksara sasak di desa itu)
Guru Agama          Sahmin (Pak Guru Agama)
Guru Olah raga      Zainuddin (Pak Guru Jen)

Rutinitas menjadi murid sekolah dasar tiap hari adalah menyapu ruang kelas, menghapus papan tulis dan mengambil air cuci tangan guru. Murid-murid sekolah dasar kelas satu sampai dengan kelas enam di tempat saya menuntut ilmu dulu selalu mengikuti upacara bendera tiap hari senin. Senam pagi tiap hari jumat juga rutin kami lakukan ketika aku kelas satu dulu. Entah musik apa yang orang-orang dewasa itu putar dan bergerak mengikuti perintah suara yang keluar dari tape besar itu.

“jalan di tempat mulai, saaatu... dua... tiga... empat... lima... enam... tujuh... delapan....sekali lagi” instruksi dari tape itu.

“sekarang rentangkan tangan, badan bergerak ke kiri dan ke kanan, saaatu... dua... tiga... empat... lima... enam... tujuh... delapan....sekali lagi” lanjut suara itu.

Senam kala itu menjadi rutinitas tiap hari sabtu. 


Comments

Popular posts from this blog

Bahasa Sasak: 50 Kalimat Populer Di Pulau Lombok

Bahasa Sasak : Ungkapan sehari-hari

Kamus Bahasa Lombok/Sasak (A-D)