Permainan Tradisional dan Karakter


Masa kanak-kanak merupakan masa dimana fantasi anak-anak penuh dengan dunia bermain. Sangat banyak permainan tradisional yang kami mainkan pada waktu. Maen Selodor, Maen Benteng, Maen Cumpring, Maen Pole, Maen Kalèng, Maen Lilin, Maen Gansing, Belayangan, Maen Angkat Tombong, Tang-Tang Buku, dan masih banyak yang lain. Ya beberapa permainan memang masih ada pada jaman ini di dusun kecil itu, namun sebagian yang lain seolah kalah saing dengan permainan modern yang cendrung membuat anak-anak semakin individualis.

Sebagai anak petani kadang harus sedikit kecewa karena sewaktu-waktu pada saat permainan sedang asyik-asyiknya kemudian ada kerjaan di Bangket. Tentu saja anak-anak juga harus kerja ke Bangket, tentu sesuai dengan kapasitas anak-anak. Mungkin aku agak telat menyadari mengapa waktu bermain kami dipotong dengan kerjaan di Bangket. Mereka ingin kami belajar sedari awal, agar kami tahu bagaimana bertani yang baik.

Pengalaman mereka tentu lebih baik daripada sekedar teori. Bayangkan saja ketika anak-anak sudah berumur sekitar 7 tahun, mereka sudah dibuatkan keranjang kecil sebagi salah satu kelengkapan Ngawis. Ringge/Rêgang kecil dibuatkan khusus untuk mengangkut bawang atau Pare Pataq dari Bangket, berapaun jauhnya.

Itu tidak seberapa, karena papuq ku pernah pergi belembah jual sie ke Sembalun dari dusun ku hanya berbekal beberapa potong Nyiur Odaq.
Ow ya kakak ku yang cowok pernah menikmati masa dimana papuq ku pada waktu itu punya Kao Sebare, dan beliau pernah ikut pergi menggembala.

Anda mungkin tidak percaya, kalau kandang kerbau atau kandang sapi itu wajib dibuat satu halaman dengan rumah pemilik. Jadi bayangkan aroma pagi ketika kerbau itu keluar kandangnya menuju tempat gembala. Sangat sensasional.

Memang aku sering bertanya kepada papuq ku bagaimana kesulitan hidup beliau dari Jual Sie, Ngaret Kao dan akhirnya Beli Bangket. Beliau memang papuq terhebat sedunia yang pernah aku kenal. Beliau mengajar aku banyak hal, mulai bertani, membuat beberapa anyaman tradisional dan semangat beliau.


Comments

Popular posts from this blog

Bahasa Sasak: 50 Kalimat Populer Di Pulau Lombok

Bahasa Sasak : Ungkapan sehari-hari

Kamus Bahasa Lombok/Sasak (A-D)