Bahasa Sasak : Ungkapan sehari-hari





A : Kenal Lombok ???? B : Tentu, A : Bisa Berbahasa Sasak B : GA . . . . Yang hobi traveling memperkenalkan spot-spot indah di Pulau Lombok Yang hobi petualangan memperkenalkan lokasi baru yang menarik di Pulau Lombok Yang hobi nulis memperkenalkan Pulau Lombok dengan rangkaian kata-kata yang menarik Yang 'hanya' bisa Bahasa Sasak maka katakanlah Pulau Lombok itu akan LEBIH INDAH DAN NYATU BILA BERITERAKSI DI LOMBOK DENGAN BAHASA SASAK Maka dari itu kawan ijinkan saya dengan cara sederhana ini untuk sekedar berbagai beberapa ungkapan sehari-hari yang sering di ucapkan.

Sasak
Indonesia
English
1.  Anteh ke semendaq
Tunggu sebentar
Wait me for a second
2.  Araq dengan boyaq side
Seseorang sedang mencarimu
Someone is here to see you
3.  Becatan
Tolong lebih cepat
Make it faster
4.  Berembepun juaq
Bagaimanapun juga
Any way
5.  Jagaq raos pelungguh
Jaga bicaramu
Keep your mouth
6.  Makat me saq inges laloq
Kau cantik sekali
You are so beatiful
7.  Solah idap ate angen tiang bedait dait pelungguh
Senang bertemu kamu
Nice to meet you
8.  Ndaq abot
Jangan malas
Don’t be lazy
9.  Ndaq becat laloq mate angen de
Jangan mudah putus asa
Don’t be easily to be hopeless
10. Ndaq jok mbe-mbe
Jangan kemana-mana
Don’t go anywhere
11. Ndaq loeq laloq alasan
Jangan terlalu banyak alasan
Don’t make too much excuse
12. Ndaq ngoneq laloq
Jangan terlalu lama
Don’t take too long
13. Ndaq piaq laloq angen
Jangan dimasukkan dalam hati
Don’t take it personal
14. Ndeq kembe-kembe
Tidak apa-apa
Never mind
15. Ndeq ke saduqm
Saya tidak mempercayaimu
I don’t believe you
16. Ndeq tiang insah leq te
Saya tidak betah disini
I can’t stay too long here
17. Ndeq tiang taoq ape-ape
Saya tidak tahu apa-apa
I know nothing about it
18. Ndotan tiang mesaq
Tinggalkan aku sendiri
Leave me alone
19. Ngesek sekediq
Tolong geser sedikit
Move a side
20. Nunas ampure atas selapuq salaq tiang
Maafkan saya atas semua kesalahan
Forgive me for all my mistakes
21. Onyaq-onyaq
Hati-hati
Take care
22. Saq wah jaq aluran wah
Yang berlalu biarlah berlalu
Let’s gone be by gone
23. Sere becat sere solah
Lebih cepat lebih baik
The sooner the better
24. Siarah
Bersalaman
Shake hand
25. Silaq beromboq
Silahkan tambah lagi
Have some more
26. Silaq pade lalo boyaq kakenan
Mari kita pergi mencari makan
Let’s get something to eat
27. Silaq tame
Silahkan masuk
Come in, please
28. Silaq tokol
Silahkan duduk
Sit down, please
29. Tiang milu aseq dengah berite nike
Saya turut berduka cita
I’m sorry to hear that
30. Tiang nyerepek gati
Saya buru-buru
I’m in hurry
31. Tiang seneng dengah kabar nike
Saya ikut bersuka cita dengan hal itu
I’m glad to hear that
32. Tiang tulak karing semendaq
Saya akan segera kembali
I will be back in a while
33. Wah wayen te tipaqan/mulai
Sudah waktunya mulai
It’s time to begin

Comments

  1. Bro,
    Mau tanya, kalaua di Sasak itu "tilde"(~) dipakai atau tidak sih dalam penulisan kata.

    Misalnya: adẽqang, adẽqde, adẽqne, atẽn, atẽnde, balẽ-balẽ, belẽqang, gedẽngne, kelẽtẽk, kelẽtẽkne



    ReplyDelete
    Replies
    1. belum nemu panduan resmi tentang itu bro,

      Delete
    2. Kalau bahasa lomboknya tolong sampaikan maaf saya ke mantan apa min ??

      Delete
    3. sempait salam dait maaf tipaq onos berayengke

      Delete
    4. "Apus e laun tekenen k Sik Batur" apa artinya itu ya

      Delete
  2. Kalau uang bahasa sasaknya apa?

    ReplyDelete
  3. Kalau artinya ini apa ya: serengat ken dengan tubali ruen

    ReplyDelete
  4. "Paranku le anjani" artinya apa ya

    ReplyDelete
  5. Kalau bahasa sasaknya
    Senang ber jumps teman lama?

    ReplyDelete
  6. Bahasa sasaknya " Senang ber jumps law and lama"

    ReplyDelete
  7. Maaf kalo ujat tebeli artinya apa ya😁

    ReplyDelete
  8. Jangan kecewa bhs sasaknya apa.bro

    ReplyDelete
  9. Kalau " silak pade tindok semeton " itu arti nya apa??

    ReplyDelete
  10. Selamat malam bahasa sasaknya apa yahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak ada ucapan selamat pagi siang malam dalam bahasa sasak, karena tidak digunakan

      Delete
  11. Dirumah aja bahasa sasaknya apa?

    ReplyDelete
  12. Tth knapa belom tidur jam segini

    ReplyDelete
  13. Lendo kamu itu artinya apa?

    ReplyDelete
  14. Kalo kangen saudara lombok. Bahasa sasaknya apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. siq ke kangen semeton ke saq leq lombok

      Delete
    2. Maaf tanya, kalo bahasanya "kamu kangen mantan" Apa ya meton?

      Delete
  15. Icok itu artinya apa yh?

    ReplyDelete
  16. Ada apa dengan mu
    Kok bingung begitu
    Bhasa lombokx apa? Mkasih

    ReplyDelete
  17. Kalo bahasa sasaknya “jaga kesehatan” apa ya ?

    ReplyDelete
  18. Kalau bahasa sasaknya kenapa kamu kangen saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembeqde kangen tiang ?

      Atau

      Kembeqm kangenke?

      Delete
  19. "aku gak punya uang" gimana bang!

    ReplyDelete
  20. Apa bahasa indonesianya aseq

    ReplyDelete
  21. Saya senang bahasa lombok. Dan sekarang masih di lombok, saya asal flores labuan Bajo Indonesia

    ReplyDelete
  22. Semoga semakin lama di lombok, akan semakin banyak yang ngerti bahasanya. I love you lombok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Moga makin banyak yg baca tisan ini juga....he

      Delete
  23. Bhasa sasaknya kakak lagi di karantina .itu gimana min ??

    ReplyDelete
  24. Artinya "Makasih buat semua maaf jika saya disini merepotkan kamu jangan kecewa kalo saya pergi aku sayang kamu jaga kesehatan ya" APA BANGG??!

    ReplyDelete
  25. Klau dendek artinya apa yah

    ReplyDelete
  26. Kalau ini apa artinya Bani ndek mekerung

    ReplyDelete
  27. Bahasa sasaknya : selamat ulang tahun?

    ReplyDelete
  28. Kalo ndaraq Saq lainan Malik apa artinya min????

    ReplyDelete
  29. Di putusin tunangan bahasa sasaknya apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selin seninen ku aku memang tunah seninen ku lguk ye ndk arak ntan inget aku kace anak ne artinya apa thu

      Delete
  30. Muk kne ape ite lek twik

    Itu artinya apa ya kak?

    ReplyDelete
  31. kalo jangan telat makan cantikk apa?

    ReplyDelete
  32. Apa bahasa Indonesia busung

    ReplyDelete
  33. Bahasa lombok nya 'saya sedang belajar bisa bantu kan"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Min kalau artinya Hmm pokok wh bdk doang

      Delete
    2. Sy sedang belajar, bisa banntu kan (masihte berajah, baunde tulung ite kan)

      Delete
  34. min bhs sasaknya, ular itu berwarna hitam?

    ReplyDelete
  35. min apa bahasa sasaknya, 'ayam itu berleher panjang'

    ReplyDelete
  36. Kalok " PAGI " bahasa Sasak halusnya apa ?

    ReplyDelete
  37. Bahasa sasaknya kamu sedang apa, sudah sampai tujuan ??

    ReplyDelete
  38. Kalo terus terus bersama bahasa sasaknya apa?

    ReplyDelete
  39. Boleh minta tolong Bantuannya kak. Untuk di translate kan ke Bahasa Sasak :

    Selamat Ulang Tahun

    Semoga senantiasa diberkahi, sehat selalu dan dilancarkan semuanya

    Semangat untuk semester akhirnya,
    Kurangi rebahannya, mulai atur prioritas untuk lebih produktif, biar cepat lulus.

    Aku siap selalu untuk ada ketika kamu butuh bantuanku.
    Aku bahagia bisa mengenalmu.

    Salam terhangat dariku.


    Itu kak. Minta tolong ditransaltekan untuk ucapan ulang tahun. Terima kasih

    ReplyDelete
  40. Apa bahasa Indonesia nya terang kejengkende bedengah

    ReplyDelete
  41. Apa basa sasaknya “lagi kerja cari uang”..?

    ReplyDelete
  42. Ndek arak akhy ongat side pinak tiyang seneng
    Ini apa artinya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Bahasa Sasak: 50 Kalimat Populer Di Pulau Lombok

Kamus Bahasa Lombok/Sasak (A-D)