Bahasa Sasak: Belajar Bahasa Lombok



Mempelajari Bahasa Sasak tentu akan menjadi bagian yang sangat penting bagi siapa saja yang berencana untuk tinggal ataupun hanya sekedar berkunjung ke Lombok. Dapat dikatakan bahwa, dengan kemampuan berbahasa Sasak yang cukup paling tidak sudah terpenuhi sebagian dari kesempurnaan kunjungan ke Lombok. Bahasa Sasak menjadi bahasa komunikasi utama yang sering digunakan untuk berinteraksi dengan warga lokal. Dengan menguasai Bahasa Sasak tentu membuka banyak kelebihan tertentu saat berkunjung ke Lombok, lebih mudah lebur bersama masyarakat lokal (yang memang menjadi salah satu daya tarik), berkomunikasi dengan warga lokal dan dalam rangka menghormati warga sekitar. Seperti kata pepatah lama, di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung.
Secara umum mempelajari Bahasa Sasak pada dasarnya adalah suatu usaha yang cukup mudah untuk dilakukan. Sama saja seperti pada awal mula kita mempelajari Bahasa Inggris. Akan ditemukan banyak kata-kata baru yang jauh dari kosa kata yang selama ini telah digunakan. Namun dalam kesempatan ini saya mencoba untuk menuliskan beberapa tips sebagai modal dasar dalam mempelajari Bahasa Sasak.  
Berikut Tips Belajar Bahasa Sasak :

Kuasai Kosakata Yang Sering Digunakan Tiap Hari
Langkah awal yang sangat penting adalah menyiapkan list kosakata (kata atau kalimat) yang dianggap akan digunakan setiap hari. Memperkaya kosakata terutama yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari membantu untuk bisa lebih paham dengan setiap ucapan yang dikatakan oleh orang lain. Selalu memperkaya kosakata yang sekiranya paling sering diucapkan dan dibutuhkan dari kehidupan sehari-hari seperti angka, panggilan, sapaan, dan lain sebagainya. Hal ini penting karena pengulangan kata-kata yang sama akan membuat ingatan menjadi lebih tajam. Ketika semua kata yang sudah di masukkan list tadi sudah terbiasa digunakan maka, secara tidak sadar penggunaannya pun akan dengan sendirinya akan keluar otomatis.
Baca artikel ini untuk membantu membuat list: 50 Percakapan Populer

Perbarui Kosakata Setiap Hari
Untuk bisa lebih mengerti setiap percakapan tentu harus mengetahui setiap kosa kata yang dituturkan. Selalu tingkatkan gudang kosakata yang dimiliki untuk lebih mahir. Tiap orang memiliki kemampuan mengingat yang berbeda-beda. Ada yang mampu menghafal 10-20 kata tiap hari. Menurut saya jumlah yang dihafal tidak menjadi penting, yang paling penting adalah pengulangan. Sehingg tidak masalah untuk menambah 3-5 kosakata tiap harinya sehingga kaya dengan kosakata Bahasa Sasak.
Baca juga: Kamus Bahasa Sasak

Latihan Dalam Pelafalan
Berusaha untuk selalu mempraktekkan setiap kosa kata yang telah diperoleh. Pelafalan atau pengucapan kata menjadi hal yang penting karena dalam setiap komunikasi yang dilakukan bisa saja terjadi kesalahan arti ketika mengucapkan. Karena dalam Bahasa Sasak ada beberapa kata dengan tulisan sama namun beda dalam pelafalan yang tentu memiliki makna yang berbeda pula.

Memanfaatkan Media Elektronik (TV, Radio dan Internet)
Penggunaan Bahasa Sasak di media elektronik masih terbatas pada TV lokal dan beberapa stasiun radio di Pulau Lombok. Sehingga internet menjadi jendela yang tiap waktu terbuka lebar untuk dijadikan media pembelajaran Bahasa Sasak. Berbagai platform baik video, audio maupun blog telah mulai muncul ulasan-ulasan tentang belajar Bahasa Sasak.

Gunakan Dalam Komunikasi Dengan Teman Dekat
Untuk memastikan kebenaran dalam pelafalan dan penggunaan kosakata perlu diuji coba dengan orang lain. Dalam hal ini saya pribadi sarankan untuk uji coba dengan kawan sejawat atau teman karib (yang bisa berbahasa Sasak) lebih dulu.

Gunakan Dalam Komunikasi Sehari-hari
Maka inti dari persiapan-persiapan yang telah dilakukan sebelumnya adalah untuk dapat dipraktekkan langsung dalam berkomunikasi sehari-hari. Keluesan dalam bertutur bahasa dan merangkai kata tentu harus diawali diawali dengan pembiasaan. Oleh sebab itulah penting kiranya untuk selalu menggunakan Bahasa Sasak baik itu saat di rumah, bersama teman ataupun dalam kesempatan lainnya. Walau dari kosakata yang sederhana.

Semoga Bermanfaat!.

Comments

Popular posts from this blog

Bahasa Sasak: 50 Kalimat Populer Di Pulau Lombok

Bahasa Sasak : Ungkapan sehari-hari

Kamus Bahasa Lombok/Sasak (A-D)