Wisata Pulau Lombok : Hal Yang Wajib Dilakukan Saat Liburan di Lombok





Kebanyakan wisatawan mancanegara yang mencari liburan pantai datang ke Indonesia akan memilih untuk mengunjungi Bali. Karena keberadaan Bali memang lebih dahulu mendunia. Namun di sebelah timur Bali ada sebuah pulau yang keindahan garis pantainya tidak kalah dengan Bali, yaitu Pulau Lombok. Hanya dengan naik feri dari Bali menyebrangi Selat Lombok wisatawan sudah akan berada di sebuah daratan baru dengan keindahan tersebar merata dari dasar laut hingga puncak gunungnya.
Beberapa hal menarik dari pulau ini termasuk pantai pasir putih, pasir merica, pasir pink yang memukau serta laut yang bersih. Di beberapa tempat juga dapat digunakan sebagai lokasi terbaik untuk snorkeling dan menyelam untuk melihat keindahan bawah laut. Pulau Lombok juga merupakan lokasi Gunung Rinjani yang terkenal, jadi yang suka trekking maka perjalanan ke puncak gunung berapi aktif ini jangan sampai terlewatkan, dan gunung ini adalah salah satu puncak tertinggi di Indonesia. Pulau Lombok terkenal dengan sebutan Pulau Seribu Masjid karena memiliki sangat banyak masjid tiap satuan luas yang dilewati. Selain itu, khususnya di sisi bagian barat, terdapat banyak pura sebagai tempat beribadat umat Hindu. Maka tidak berlebihan untuk mengatakan SAAT ANDA DI BALI ANDA TIDAK BISA MELIHAT LOMBOK, TAPI SAAT DI LOMBOK ANDA AKAN MELIHAT BALI. Sperti kata pepatah, sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui, demikian Pulau Lombok adanya.
Berikut adalah Hal Yang Wajib Dilakukan Saat Liburan di Lombok:

Bermalam di Gili Trawangan
Gili Trawangan dikenal sebagai gili terbesar dari tiga gili utama dan juga yang paling berkembang.
Tidak ada jalan di sini dan satu-satunya cara untuk berkeliling adalah dengan menggunakan Cidomo (Kereta Kuda) atau jalan kaki atau memilih menggunakan sepeda.
Meskipun relatif tidak ada perkembangan, namun Gili Trawangan memiliki rona kehidupan malam yang sangat jauh berbeda dibandingkan daratan utama dan dikenal karena dihiasi dengan bar pantai di mana dimungkinkan untuk dapat terus berpesta sampai malam.

Mengunjungi Tempat Budidaya dan Pengolahan Mutiara
Banyak pengunjung yang datang ke Pulau Lombok mungkin tidak menyadari bahwa Lombok terkenal dengan budidaya kerang mutiara, dan ini adalah salah satu bisnis besar di daerah ini, dengan beberapa jenis mutiara sebagai mutiara tercantik di Asia Tenggara dibudidayakan di sini.

Perjalanan ke Air Terjun Tiu Kelep
Lombok terkenal dengan air terjunnya yang indah tetapi salah satu yang paling terkenal adalah Air Terjun Tiu Kelep. Melewati aliran sungai yang menetes dan berpeluang menemukan flora dan fauna lokal di hutan saat melakukan perjalanan ke air terjun.
Air terjun terjun lebih dari 45 meter dan dapat merasakan kabut dingin dari air saat Anda menikmati pemandangan.

Nikmati Air Panas Air Kalak
Jika Anda memutuskan untuk mendaki Gunung Rinjani, gunung utama di Lombok, maka pastikan Anda berhenti di Sumber Air Panas Kalak yang berjarak sekitar 200 meter dari lokasi perkemahan utama.
Itu terletak dekat dengan Danau Segara Anak yang menakjubkan dan tidak ada cara yang lebih baik untuk melepas lelah setelah mendaki Gunung Rinjani selain untuk menghilangkan rasa sakit dan sakit di mata air panas.
Air ini diyakini memiliki manfaat sebagai obat karena kandungan mineral vulkanik yang tinggi sehingga jika ingin akhir yang menyenangkan dan menenangkan maka ini adalah tempat yang tepat untuk didatangi.

Jelajahi Pantai Kuta Lombok
Tidak seperti Kuta di Bali, Pantai Kuta di Pulau Lombok lebih kecil dan lebih tenang dan pada dasarnya adalah lokasi dengan beberapa pantai cantik di sekitarnya.
Cara terbaik untuk menjelajahi Kuta adalah dengan menyewa sepeda dan kemudian menyusuri pantai, berhenti di setiap teluk yang disukai Anda.
Anda pasti akan menemukan sesuatu yang menarik perhatian dan dapat menghabiskan hari berjemur di pasir dan menyeruput kelapa segar yang dibeli dari warung pinggir jalan.

Berjemur di Pantai Selong Belanak
Pantai Selong Belanak terletak di Lombok Tengah bagian selatan dan merupakan salah satu pantai tercantik di pulau ini.
Dibandingkan dengan pantai-pantai di Bali, banyak di antaranya dapat ramai dan berserakan, Pantai Selong Belanak terurai di sepanjang teluk yang indah dan terdiri dari hamparan panjang pasir keemasan yang bersih.
Kalau beruntung, di sisi pantai akan lewat gerombolan kerbau yang digiring para penggembala. Dan ini menjadi salah satu objek foto yang telah banyak beredar di media sosial.

Melihat pemandangan dari Bukit Pergasingan
Bukit ini terletak di Desa Sembalun dan yang menarik di sini adalah pemandangan sekitarnya, terdapat hamparan sawah dibawahnya dengan yang berbeda dari tempat lainnya.
Jika tidak ingin mendaki sampai puncak Gunung Rinjani, maka perjalanan ke Bukit Pergasingan menjadi pilihan yang dapat dipilih, yang merupakan bukit yang terletak sekitar 1.700 meter di atas permukaan laut.

Mendaki Gunung Rinjani
Gunung Rinjani, gunung api aktif yang tinggi menjulang, mungkin merupakan lokasi atraksi paling terkenal di Lombok dan bagi banyak pengunjung ini adalah alasan utama untuk datang ke sini.
Ada beberapa jalur pendakian yang telah dibuka secara resmi, sebagian besar jalur pendakian yang dibuka membutuhkan beberapa hari untuk bisa sampai hingga puncak gunung. Banyak cerita, bahwa pendaki pemula sebaiknya memilih jalur yang lebih landai meskipun panjang, dan itu melalui jalur Senaru. Jalur lain untuk yang lebih menanjak adalah melewati pelwangan Sembalun.
Banyak pencinta Rinjani mengatakan bahwa mendaki ke puncak Gunung Rinjani adalah salah satu pengalaman terbaik yang bisa didapat di Pulau Lombok, tetapi perlu diingat bahwa perjalanan saat balik tentu sangat berat dan Anda harus berada dalam kondisi yang cukup baik. Orang bijak pernah berkata, bukan puncak gunung yang menjadi tujuan utama, tapi menceritakan kembali keindahan gunung dalam keadaan selamat adalah yang utama.

Berkemah di Danau Segara Anak
Jika akan mendaki Gunung Rinjani maka salah satu tempat utama untuk berhenti di sepanjang jalan adalah Danau Segara Anak, yang di sisinya terdapat gundukan anak gunung, Gunung Baru.
Danau ini terletak di dalam caledra puncak Rinjani dan dikelilingi oleh vegetasi yang subur membuatnya menjadi pengalaman yang tidak boleh dilewatkan.
Anda dapat berkemah di danau kawah semalaman dan menikmati perairan danau, meancing ikan di siang hari ditutup oleh kelap-kelip bintang-gemintang yang menakjubkan di atas tepi saat gelap mulai menyelimuti kehidupan malam.

Jelajahi Taman Air Narmada
Taman ini dibangun pada tahun 1727 di bawah kekuasaan Raja Anak Agung Gede Ngurah Karang Asem dan dipandang sebagai tempat kegiatan keagamaan dan spiritual yang penting oleh mereka yang memeluk agama Hindu.
Pastikan untuk melihat arsitektur menakjubkan di sini karena taman ini dibangun untuk mencerminkan bentuk Gunung Rinjani yang merupakan puncak tertinggi di Lombok dan juga dianggap sebagai gunung suci.
Taman ini dikelilingi oleh taman rimbun yang sempurna untuk berjalan-jalan di sore hari karena ada mata air alami di sini.
Taman Air Narmada tidak semewah beberapa taman air yang lebih terkenal di Bali tetapi patut dikunjungi jika Anda ingin melihat beberapa arsitektur kuno di Lombok.

Mengunjungi Desa Tetebatu
Desa Tetebatu mirip dalam beberapa hal dengan Ubud di tetangga Bali.
Jika Anda mencari sesuatu yang sedikit berbeda di Pulau Lombok dan ingin keluar dari pantai, maka Desa Tetebatu adalah pilihan yang tepat. Desa berada di antara sawah hijau yang ranum hampir sepanjang tahun dan hutan yang membentang dari ke kejauhan. .
Desa ini adalah tempat yang tepat untuk belajar lebih banyak tentang budaya masyarakat asli Lombok, yaitu Suku Sasak, dan juga dapat mencari tahu tentang teknik kerajinan tradisional di daerah tersebut dan mengambil beberapa suvenir pada saat yang bersamaan.

Pergi snorkeling di Pantai Pink
Pantai Pink adalah sebuah pantai kecil di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru Lombok Timur.
Disebut 'Pantai Pink' karena warna dasar pasir adalah merah muda, meskipun kadang, di beberapa waktu butuh usaha yang cukup keras untuk melihat kilatan rona merah muda di sini.
Salah satu daya tarik besar di Pantai Pink adalah keindahan lautnya terumbu karang yang terletak di tepi pantai, jadi jika suka snorkeling. Anda bisa snorkeling dan menikmati semua kehidupan laut yang penuh warna yang berenang di perairan ini.

Pergi hiking di Tanjung Ringgit
Sekitar 500 meter dari Pantai Pink. Jika suka hiking maka pastikan untuk tidak meninggalkan Tanjung Ringgit dari rencana perjalanan, karena ini adalah salah satu tempat trekking terbaik di pulau itu.
Tanjung Ringgit ditutupi oleh ladang yang rimbun, saat musim penghujan, namun akan terlihat warna yang sangat kontras saat musim kemarau. Warna hijau-Biru lepas akan berpapasan langsung dengan warna coklat daratan yang berupa tebing terjal dan tentu hal ini mejadi daya tarik tersendiri utnuk dapat menikmati pemandangan yang terbentang sepanjang laut.
Tentu saja melalui spot ini pengunjung juga dapat melihat Gunung Rinjani menjulang di latar belakang dan saat melakukan perjalanan di sepanjang garis pantai bahkan mungkin cukup beruntung untuk melihat satu atau dua kura-kura terombang-ambing di air.
Ketika berada di tebing, dipastikan untuk melihat bunker senjata yang ditinggalkan oleh tentara yang berasal dari masa Perang Dunia Kedua dan yang saat itu dibangun oleh Jepang.

Perjalanan ke Air Terjun Benang Kelambu
Air Terjun Benang Kelambu memiliki ketinggian sekitar 23 meter dan semburat banyak air menyembur di atas tebing jatuh seolah membentuk pola kelambu (tirai).
Anda dapat berenang di bawah air terjun dan juga di balik tirai air yang membentuk spot foto yang bagus.

Mengunjungi Desa Sukarare
Banyak pengunjung ke Lombok mungkin tidak menyadari bahwa pulau ini memiliki industri tekstil berupa kain tenun tradisional yang terus mengalami perkembangan, seiring dengan digaungkannya Wisata Pulu Lombok.
Kain tenun, Kain Sesek, dibuat dengan tangan (tradisional) dan ini termasuk tenun ikat yang merupakan jenis kain tenun yang dibuat umumnya untuk pria dan tenun songket yang dibuat untuk wanita biasanya ditatah dengan benang emas dan perak.
Salah satu tempat terbaik untuk melihat-lihat industri tenun Pulau Lombok adalah di Desa Sukarare dan terdapat banyak unit penenun tradisional di sini dan mempelajari dengan tepat bagaimana kain tradisional dibuat.
  
Tur Desa Bayan Beleq
Siapa pun yang ingin belajar lebih banyak tentang budaya tradisional Suku Sasak, penduduk asli Pulau Lombok, harus melakukan perjalanan ke Desa Bayan Beleq yang merupakan salah satu dari banyak desa lokal asli Lombok.
Desa Bayan Beleq sebenarnya berasal dari abad ke-14 yang berarti memiliki sejarah yang mempesona, dan Anda akan menemukan berbagai rumah tradisional Sasak serta balai desa dan beberapa gazebo khas Lombok yang disebut berugak.
Salah satu hal yang paling menarik tentang desa ini adalah bahwa desa ini tidak banyak berubah selama bertahun-tahun, meskipun desa ini masih merupakan desa wisata yang bertujuan mendidik pengunjung tentang cara hidup tradisional Suku Sasak di Pulau Lombok.


Comments

Popular posts from this blog

Bahasa Sasak: 50 Kalimat Populer Di Pulau Lombok

Bahasa Sasak : Ungkapan sehari-hari

Kamus Bahasa Lombok/Sasak (A-D)