Bahasa Sasak: Ekspresi Bahasa Inggris Generasi 'Jaman Now'




Setelah memuat berberapa tulisan tentang Bahasa Sasak dan Aksara Sasak, kali ini saya akan menulis sedikit tentang bahasa gaul pemuda “Jaman Now”. Sudah tidak asing lagi di telinga atau terlihat tulisan dari seseorang dengan menggunakan bahsa asing atau singkatan-singkatan yang di adopsi dari bahasa asing. Misal dalam penulisan pesan singkat, chatting, terdapat istilah typo, meski kata ini terdengar aneh tapi semakin populer digunakan, kata typo adalah sebuah clipping dari kata typography, yang artinya salah ketik atau salah tulis.


Untuk mengimbangi serbuan bahasa asing, dalam bentuk bahasa tulisan gaul, yang masuk dalam dialog atau komunikasi sehari-hari maka tidak salah saya kira untuk juga memperkenalkan bahasa daerah yang memiliki arti serupa. Tulisan singkat ini hanya akan memuat beberapa singkatan-singkatan berbahasa Inggris yang sering digunakan. Dalam penulisan ini saya hanya mengandalkan kemampuan pendekatan Bahasa Sasak yang saya miliki dengan istilah-istilah yang akan saya berikan. Berikut istilah populer yang coba saya Bahasa Sasak-kan.

1.    ATM - At The Moment


2.    BOT - Back On Topick


3.    OTW - On The Way


4.    IDK - I Don’t Know


5.    JK - Just Kidding


6.    LOL - Lough Out Loud


7.    IKR - I Know Right


8.    CIO - Check It Out


9.    OMG - Oh My God


10.  BRB - Be Right Back


11.  BBL - Be Back Later


12.  Hoax


13.  TTYL - Talk To You Later


14.  NP - No Problem




Artikel terkait Bahasa Sasak juga dapat dibaca di Bahasa Sasak Lombok.
Pengggunaan Bahasa Sasak ini mengacu pada Bahasa Sasak yang digunakan di daerah Sakra dan sekitarnya. Namun sepertinya diksi-diksi yang saya tuliskan dalam  Bahasa Sasak bisa dimengerti oleh hampir semua pengguna Bahasa Sasak dengan logat yang berbeda. Mohon maaf bila ada kekeliruan dalam penulisan ini, kritik dan saran tetap diharapkan untuk memperbaiki tulisan-tulisan yang akan datang.


Comments

Popular posts from this blog

Bahasa Sasak: 50 Kalimat Populer Di Pulau Lombok

Bahasa Sasak : Ungkapan sehari-hari

Kamus Bahasa Lombok/Sasak (A-D)