Aksara Sasak: Menulis Kalimat Bijak Dalam Aksara Sasak (1)

Setelah mencoba menulis beberapa tulisan singkat tentang aksara sasak dan Panduan Lengkap Belajar Aksara Sasak  (aksara sasak untuk lagu wajib nasional, teks proklamasi, dan bahasa gaul) kini saya mencoba mencoba menulis kembali kata-kata bijak yang saya kutip dari berbagai sumber. Kata-kata bijak yang keluar dari ucapan seseorang dapat menjadi penyemangat atau nasihat bagi orang lain. Nasehat dapat menjadi modal utama dalam mengarungi kehidupan. Jika kita sadari tabiat manusia yang mudah lupa, lalai, terpengaruh dan memiliki kecenderungan untuk tunduk pada apa yang dikehendaki hawa nafsu yang umumnya mengajak kepada pembangkangan, maka pada titik ini semakin nyata bahwa manusia sangat membutuhkan nasehat.
Berikut beberapa kata bijak yang dapat diambil sebagai nasihat kehidupan:

1. Tragedi dalam kehidupan adalah saat kita terlalu cepat menjadi tua namun terlambat untuk jadi bijaksana (Benjamin Franklin)


2. Sesuatu akan terlihat tidak mungkin sampai saat semuanya selesai (Nelson Mandela)


3.Pinaq tali kadu tereng odaq
Beli rembang jari jowong
Ndaq tari kanak masih kodeq
Misal kembang masih kombol         -Lalu Nasib


4. Setiap orang terlahir dengan kejeniusannya masing-masing tetapi ketika kamu menilai ikan dari caranya memanjat maka seumur hidup dia akan terlihat bodoh (Albert Einstein)


5.Memang baik menjadi orang penting lebih penting menjadi orang baik dan yang lebih penting adalah menjadi orang penting yang baik (Joko Widodo)


6.Laki-laki dan perempuan adalah seperti dua sayap dari seekor burung jika dua sayap sama kuatnya maka terbanglah burung itu sampai puncak yang tinggi jika patah salah satu dari dua sayap itu maka tidak dapatlah terbang burung itu sama sekali   (Soekarno)


7.Kalaulah hidup sekedar hidup, babi di hutan juga hidup. Kalaulah bekerja sekedar bekerja kera juga bekerja (Buya Hamka)


8.Jika rasa takut dan malu dalam menjalankan kebaikan tidak dihilangkan, maka yakinlah kemajuan hanya angan yang tidak akan pernah menjadi kenyataan (Soekarno)


Semoga bermanfaat. !!!


Comments

Popular posts from this blog

Bahasa Sasak: 50 Kalimat Populer Di Pulau Lombok

Bahasa Sasak : Ungkapan sehari-hari

Kamus Bahasa Lombok/Sasak (A-D)