Dekat Lombok: Fenomena "To Jaweeee"

Sore itu aku baru saja tiba di rumah dari perjalanan ke Pulau seberang, badan tersa begitu capek. Hal pertama yang biasa aku lakukan sebagai ritual saat baru sampai rumah dari suatu perjalanan adalah beragi oleh-oleh. Mengucap salam, cium tangan Ibu dan Kakek. Namun sore itu susana rumah agak sepi, Cuma ada Ponakan ku yang lagi menunggu di teras rumah, . . .
“Assalamu’alaikum” aku mengucap salam.

“Wa’alaikumusslam” ponakan aku menjawab langsung.

“Makaqn saq sepi laloq, mbe lain Papuqm?” aku bertanya.

“To Jaweeeee” jawab ponakanku

“%$#^%#^%$&^.......hah .......%#^%$^%#$# ???” aku merasakan ada sesuatu yang aneh.

“Mbe lain Baloq jaq ???” tanya ku lagi.

“To Jaweeee . . .” jawab ponakan ku lagi.

Ternyata jargon yang lagi hits di LOMBOK saat itu sampai saat ini adalah “TO JAWEEE”. Ini telah menjadi tranding topik di mulut anak-anak.

“TO JAWEEE” (ke Jawa) adalah jawaban dengan pertanyaan "mau ke mana?", "lagi dimana?" atau pertanyaan sejenis yang menanyakan tempat dan digunakan untuk main-main, biasanya dilakukan anak-anak untuk membuat lawan bicara “agak jengkel”.   

Comments

Popular posts from this blog

Bahasa Sasak: 50 Kalimat Populer Di Pulau Lombok

Bahasa Sasak : Ungkapan sehari-hari

Kamus Bahasa Lombok/Sasak (A-D)